Tuesday, April 17, 2007

My story

istri saya (pojok kiri atas) berfoto bersama Aa Gym & Teh Ninih di Pesantren DT
ketika pelatihan PROMAG MULIA

Saya dilahirkan di Bandung .

Pertama kali Saya mulai mengenal usaha adalah kelas 2 SMU dimana menjadi distributor penerbit buku agama di bandung dan memegang wilayah Bandung untuk kalangan SMU .Dari sana saya mulai mengenal mengetahui betapa menariknya lika-liku dunia usaha

Di SMU saya bergabung dalam koperasi siswa,dimana saya menjabat sebagai humas,dalam organisasi ini kita pernah mengadakan bazar ATK dan Sembako Murah didepan sekolah kami,pada saat itu memang jamannya krisis moneter maka Sembako kita laku terjual,untuk bazzar ATK kita mencari supplier sendiri dengan cara bertanya2 kePKL yang sering berjualan ,dari informasi mereka kita mendapatkan suplier ATK dan alhmdulilah mau bekerjasama dengan kita dengan menjual ATK yang sangat murah untuk kepentingan Bazaar.Bazaar itu sukses besar dan kita juga untung sangat besar.Menurut pengamatan kami tampaknya baru sekolah kita di Bandung yang pertamakali mengadakan acara Bazaar ATK dan sembako dengan sukses luar biasa ,kalau umumnya sekolah lain hanya mengadakan Bazaar dengan pentas musik semata

Dari acara ini saya mendapatkan pengalaman luar biasa dalan mengatur orang ,mencari supplier dan melakukan penjualan

Saya pun juga pernah mencoba berjualan ATK (alat tulis kantor ) dilapak kali lima tepatnya didepan sebuah gor olahraga di bandung saat tryout ujian SMP,hal ini kami lakukan untuk belajar berjualan didunia nyata ,dan alhamdulilah untung besar juga

Pengalaman kedua adalah ketika sehabis lulus SMA dimana saya ditugaskan menangani Bimbel SMP ,walaupun banyak kendala karena aktivitas kuliah yang padat namun banyak pengalaman yang saya dapatkan seperti marketing dimana saya harus banyak mencetak brosur dari sinilah saya belajar dunia usaha percetakan selain dunia pendidikan

Sejak itu saya ingin bertekad menjadi pengusaha,namun saya sadar kemampuan saya masih kurang dan saya masih perlu banyak belajar lagi baik dari teori maupun praktek dilapangan

Ketika masuk ke perguruan tinggi sayapun aktif di Koperasi Mahasiswa,

Di Koperasi Mahasiswa sayapun menjadi salah seorang Ketua divisi usaha Warpostel ,yang menangani Wartel,Pos,pengiriman paket barang Pandu Siwi Sentosa,serta Agen tiket PELNI,dengan jumlah pegawai 5 orang,sehingga dari sana saya belajar mengenai Akunting dan Personalia

Koperasi mahasiswa kami juga merupakan salah satu finalis Entreprise 50 urutan ke 24 dan merupakan satu-satunya koperasi mahasiswa dari seluruh indonesia yang dapat masuk dalam finalis Enterpise 50

Usaha saya yang pertama yang dirintis sendiri adalah Biro Konsultasi Pendidikan setelah Bimbel tidak aktif ,Usaha ini saya rintis ketika kuliah tingkat 2 dan Alhamdulilah telah mendapat siswa +/- 100 orang/bulan,dengan tenaga pengajar +/_100 orang.

Usaha kedua yang saya kelola adalah percetakan ,dimana Saya belajar usaha ini ketika saya ditugasi mencetak brosur Bimbel SMP ,sehingga saya tahu tahapan dunia percetakan

Usaha saya yang ketiga adalah Informasi Kost +Kontrakan daerah Bandung dengan dibantu beberapa petugas kolektor

Usaha saya yang keempat adalah merchandise pin,dimana akhir2 ini saya banayak berkonsentrasi diusaha ini karena usaha yang lain telah memiliki sistem sendiri.

Pelanggan pertama usaha Merchandise adalah Mbak Ani dari Tangerang yang menjadi agen utama dan terbesar kami

Pelanggan kedua adalah Bpk Marjuni di Tangerang untuk pembuatan Pin Perusahaan tempat Dia bekerja

Pelanggan ketiga adalah RS Ibu & Anak Hermina Bandung yang memesan untuk pasiennya dalam jumlah banayak.

Akhirnya pelanggan berikutnya bermunculan dari seluruh Indonesia ,termasuk dari Sulawesi yang memesan gantungan kunci resin dan pin

Pelanggan pertama dari segi perusahaan adalah PT Korin Tangerang,RS Ibu &Anak Hermina,dll

Pelanggan dari usaha percetakan antara lain Kartu Undangan Nikah beberapa teman

Pelanggan pertama dari perusahaan adalah Majalah Entrepreneur,Badan Geologi Bandung,dll

Usaha penjualan baju saya rintis bersama istri dimulai ketika teman istri mempunyai usaha konveksi yang biasa sebagai supplier produsen baju-baju muslim terkemuka seperti Rabbani,Shafira,dll.

Saya mulai tertarik internet marketing setelah mengikuti milis TDA sejak bulan Mei 2006,Banyak info menarik yang saya dapatkan dari komunitas TDA ini,walaupun saya ada di Bandung saya selalu mengikuti perkembanagn TDA melalui blog Mas Rony.http://roniyuzirman.blogspot.com/ ,serta komunitas TDA http://www.tangandiatas.com/

Hampit tiap pagi saya selalu menyimak blog pendiri TDA ini.

Dari komunitas ini saya mulai mencoba bisnis secara online internet dari yang sebelumnya hanya melalui bisnis konvensional .Alhamdulilah berkat bimbingan para anggota komunitas ini saya membuat blog bisnis saya yang bernama Smart

http://smart-merchandise.blogspot.com/ atau http://smartmerchandise.blogspot.com/
untuk Usaha Merchandise PIN ,Mesin PIN dan bahan PIN

http://tas-plastik-unik.blogspot.com/
untuk usaha penjualan tas plastik

http://smartfashion.blogspot.com/
untuk usaha penjualan baju

http://smartadvertising-percetakan.blogspot.com/

untuk usaha percetakan

,dari Blog ini pasar bisnis saya melebar keseluruh Indonesia.

Alhamdulilah sejak bulan pertama saya meluncurkan blog tersebut sudah banyak respons dari konsumen bahakan kini kita mempunyai pelanggan dan agen tetap

Pada bulan Juni 2006 Pesantren DT dan Kalbe Farma meluncurkan program PROMAG MULIA http://www.promagmulia.com/ dimana para entrepreneur muda dari seluruh indonsia akan diseleksi 30 0rang untuk mendapat pelatihan selama sebulan di pesantren DT dengan trainer –trainer berkualitas seperti Pak Tung Desem Waringin, Pemilik Surabi Imut ,Pak Wiwied(C-59),Fenny Mustafa (pemilik busana muslim Shafira), Purdi E Chandra (Presdir Primagama Group), H Abdurrahman Yuri (Predir MQ Corp), dan Wahyu Saida (pemilik Bakmi Tebet) disertai kunjungan ke sentra UKM untuk melihat langsung dilapangan proses usaha mereka.

Dan alhamdulilah usaha kami lolos menjadi salah satu finalis.Walaupun saya tidak bisa mengikutinya karena masih TDB tetapi bisa diwakilkan oleh istriku,berikut profilnya http://www.promagmulia.com/profile.php?year=2006&id=31

Para peserta program inipun diliput oleh koran Republikahttp://202.155.15.208/koran_detail.asp?id=255628&kat_id=438

Majalah Swa http://202.59.162.82/primer/entrepreneur/details.php?cid=1&id=2368

dan Harian Kompas

serta profil masing 2 peserta berikut perjalanan bisnisnya akan dibuat menjadi sebuah buku yang diterbitkan MQ Publishing

Dan alhamdulilah banyak sekali manfaat dari pelatihan ini

Saya dan Istri bertekad menjadi pengusaha dengan tujuan membantu orang2 di sekeliling kami untuk mengurangi penganguran serta menciptakan orang2 yang dapat mandiri

Next ….our journey in business

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home